Larangan Syariat Bagi Muslimah

Larangan Syariat Bagi Muslimah


1. Larangan Berbuat Syirik

Syirik adalah perbuatan dosa yang paling besar. Karena akan menjerumuskan pelakunya dalam neraka jahanam. Larangan ini berlaku baik muslim dan muslimah.

2. Mendatangi dukun, ahli nujum, para normal, orang pintar

Termasuk hal yang dilarang dalam syariat. Dalam sebuah hadits disebutkan “Barangsiapa yang datang kepada peramal lalu bertanya kepadanya tentang suatu perkara, maka tidak diterima shalatnya selama 40 hari atau 40 malam.” (Riwayat Muslim)

3. Larangan menyambung rambut

Disebutkan dalam sebuah hadits bahwa ada seorang datang kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan mengatakan bahwa anaknya hendak menikah tetapi rambutnya rontok. Orang tersebut bertanya bolehkah anaknya menyambung rambut dengan rambut lain? Lalu beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata. “Allah melaknat wanita yang menyambung rambut, dan yang minta disambung rambutnya”

4. Larangan membuat tato, mencukur alis, merenggangkan gigi

Dalilnya adalah sebagai berikut
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat wanita yang menyambung rambutnya dan wanita yang minta disambungkan rambutnya, wanita yang mentato (kulitnya) dan wanita yang meminta dibuatkan tato”. (Hadits Riwayat Muttafaqun ‘alaih).
“Allah melaknat wanita yang mencukur alisnya dan wanita yang minta dicukurkan alisnya, wanita yang minta direnggangkan giginya untuk mempercantik diri, yang mereka semua merubah ciptaan Allah”. (Hadits Riwayat Muttafaqun ‘alaih).

5. Larangan menampakkan perhiasan

Yang dimaksud di sini adalah seorang wanita muslimah keluar dengan tidak memakai busana muslimah. Karena hal ini menyelesihi perintah Allah dalam surat Al Ahzab (33) ayat 59, yang artinya “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang.
Pakaian yang dikenakan muslimah ketika hendak keluar rumah mempunyai beberapa syarat seperti yang disebutkan oleh syaikh Al-Albani dalam bukunya Jilbab Wanita Muslimah, yaitu sebagai berikut :
- Menutupi seluruh tubuh, tebal
- Longgar, tidak boleh sempit/ketat
- Tidak boleh menyerupai laki-laki
- Bukan bentuk perhiasan/mencolok
- Tidak boleh memakai wangi-wangian

6. Larangan keluar rumah dengan menggunakan wangi-wangian/parfum

Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam sangat keras mamperingatkan masalah tersebut. Beliau Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :“Perempuan manapun yang menggunakan parfum kemudian melewati suatu kaum agar mereka mencium wanginya maka dia seorang pezina” (HR Ahmad, 4/418; shahihul jam’: 105)
Kemudian dalam hadits lain disebutkan Nabi Shalallahu alaihi wassalam bersabda:”Siapa saja perempuan yang memakai parfum maka janganlah ia menghadiri shalat isya di masjid bersama kami” (Shahih riwayat Imam Ahmad,Muslim, Abu Dawud, dan Nasa’i dari jalan Abu Hurairah, juga lihat kitab Ash-shahihah hadits no.1094)

7. Kufur kepada kebaikan suami

Dalilnya adalah sebagai berikut, Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda:
“…dan aku melihat neraka maka tidak pernah aku melihat pemandangan seperti ini sama sekali, aku melihat kebanyakan penduduknya adalah kaum wanita. Shahabat pun bertanya : “Mengapa (demikian) wahai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam?” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab : “Karena kekufuran mereka.” Kemudian ditanya lagi : “Apakah mereka kufur kepada Allah?” Beliau menjawab : “Mereka kufur terhadap suami-suami mereka, kufur terhadap kebaikan-kebaikannya. Kalaulah engkau berbuat baik kepada salah seorang di antara mereka selama waktu yang panjang kemudian dia melihat sesuatu pada dirimu (yang tidak dia sukai) niscaya dia akan berkata : ‘Aku tidak pernah melihat sedikitpun kebaikan pada dirimu.’” (HR. Bukhari)

8. Mengganggu tetangga

Seorang muslimah yang ahli ibadah dan ahli sedekah dapat terjerumus dalam neraka diakibatkan perilaku yang sering mengganggu tetangganya baik berupa ucapan lisan maupun perbuatan. Hal ini disebutkan dalam hadits,
Dari Abu Hurairah, ia berkata, “Ada seseorang bertanya pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, Wahai Rasulullah, si fulanah sering melaksanakan shalat di tengah malam dan berpuasa sunnah di siang hari. Dia juga berbuat baik dan bersedekah, tetapi lidahnya sering mengganggu tetangganya.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab, “Tidak ada kebaikan di dalam dirinya dan dia adalah penduduk neraka.”

0 Response to "Larangan Syariat Bagi Muslimah"

Post a Comment